6 Februari 2015

Usaha Kecil Menengah : Bisnis Susu Kedelai Kemasan

Usaha Kecil Menengah (UKM) - Susu kedelai kemasan merupakan cairan berwarna putih yang berasal dari ekstra kedelai dengan penampakan dan koposisi yang mirip susu sapi. Susu kedelai merupakan sumber protein yang sangat baik, karena bahan bakunya tinggi protein nabati. Rasanya sangat enak dan khasiatnya sangat baik untuk kesehatan. Semua hal tersebut bisa menjadi alasan yang sangat bagus sekali untuk kita menjadikannya sebagai peluang bisnis.



Bagaimana Memulai Bisnis Jualan Susu Kedelai Kemasan?

Bisnis rumahan berupa susu kedelai dimulai secara industry rumah tangga, dengan peralatan dapur pada umumnya. Jika usaha telah berkembang, kita bisa mencari alat produksi susu kedelai untuk skala industry menengah dan industry besar.

Peralatan yang diperukan adalah mesin pegupas kulit dan mesin pisah ampas, sedangkan untuk pengemasannya bisa mengunakan cup sealer manual yang bisa kita cari di supplier-nya atau kadang ada juga di beberapa supermarket besar.

Kunci Sukses

Kemasan, untuk kemasan, bisa menggunakan gelas plastic sebagaimana air mineral yang biasa dijual atau kemasan plastic kotak yang seperti bantal. Tentu saja dalam kemasan kita tersebut, kita beri merek dan alamat produksi yang bisa dihubungi. Sebaiknya kemsan kita juga di buat semenarik mungkin agar orang ingin membelinya.

Kualitas rasa, warana dasar susu kedelai jika sudah jadi adalah warna putih dengan rasa kedelai. Untuk lebih menarik lagi, kita bisa member rasa pada setiap produk dengan rasa cokelat, strawberry, vanilla atau yang lainnya.

Pemasaran, dalam menjual, kita bisa menitipkannya di beberapa toko yang mempunyai pendingin dan supermarket dengan system kosinyasi.

Strategi Promosi

Kita tidak bisa mempromosi banyak dengan bisnis ini. Tetapi dengan memberikan merek beserta alamat dan nomor telepon, hal ini bisa jadi memungkinkan bagi yang menyukai produk kita untuk memesan langsung dari kita.

Analisa Biaya & Prospek Keuntungannya
Investasi Awal*
Peralatan (Alat Masak dll)
Rp. 1.000.000,-
Total Pendapatan (Omset)
Rp. 2.000.000,-
Pengeluaran Operasional

Bahan
Rp. 1.000.000,-

Lain-Lain
Rp. 100.000,-

Total
Rp. 1.100.000,-
Keuntungan Per Bulan
Rp. 900.000,-
Analisa BEP = 1 sampai 2 Bulan
Catatan : *Silahkan Sesuaikan Dengan Biaya Di Tempat Masing-Masing

Nah, itulah salah satu contoh usaha kecil menengah yang bisa anda coba. Sebelum menjalankan usaha kecil menengah ini sebaiknya analisa dulu bagaimana prospeknya jika usaha ini dijalankan ditempat target usaha anda.